Headlines News :
Home » » Rembang deklarasi kabupaten Vokasi

Rembang deklarasi kabupaten Vokasi

Written By aulia suhaiminur on Monday 18 August 2014 | 03:48

Plt Bupati  deklarasikan Rembang menjadi kabupaten Vokasi 


Rembang-Untuk menyiapkan generasi muda agar mampu menjawab tantangan jaman dan pasar bebas Pemkab rembang kemarin (12/8) mendeklarasikan kabupaten rembang menjadi kabupaten Vokasi.  
            Deklarasi kabupaten vokasi merupakan pernyataan sikap dari pemerintah kabupaten yaitu akan mengembangkan adanya pendidikan kejuruhan dikabupaten, dan ditandatangani  PLT Bupati dengan ketua DPRD.
PLT Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam kegiatan  Deklarasi di balai kartini mengatakan, Setiap Penyelenggara dan pelaku pendidikan dituntut untuk selalu berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, oleh nkarena itu perlu adanya komunikasi dan mensinkronkan kebijakan sehingga hasil pendidikan yang diharapkan nantinya dapat mendorong percepatan pengembangan kabupaten vokasi melalui pengembangan kreatif siswa.
            Deklarasi kabupaten vokasi menurut PLt bupati bertujuan untuk meningkatkan koptensi dan daya saing sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan produkbilitas masyarakat  serta untuk mengurangi angka pengangguran dalam meningkatkan angka persuasi kasar serta bentuk komitmen pemerintah kabupaten rembang dalam rangka menyaiapkan generasi muda dengan mengembangkan smk serta memberikan wawasan tentang smk kepada masyarakat luas.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut upaya-upaya yang perlu dilakukan pemerintah kabupaten rembang bersama masyarakat adalah menumbuhkan dan mengembangkan pusat pendidikan kejuruhan yang bermutu, mempersiapkan dan mencetak sdm yang kompetitif untuk memenuhi pasar kerja lokal,nasional dan internasioanal. 
            Abdul hafidz mengatakan kabupaten rembang harus meningkatkan daya saing secara perlahan tapi pasti karena  akan menjelma menjadi kabupaten industri dengan berbagai tantangan yang ada .
            Untuk itu Pemerintah kabupaten rembang berharap dapat membuka smk –smk yang baru disemua kecamatan yang ada dikabupaten rembang. sebab kabupaten rembang hanya memiliki 17 sekolah menengah kejuruhan dan 5 diantaranya telah menerima sertifikat standart iternasional yaitu sertifikat standart internasional sistem menejemen mutu ( iso ),9001.2008, yang diraih oleh smk umar fatah,smk 2 rembang,smk yos sudarso, dan smk muhamadiyah 
            Sertifikat sistem menajemen  mutu iso 9001.2000 dan sertifikat menejemen lingkungan iso 1401.2004. yang diraih oleh smk n 1 rembang hal ini membuktikan bahwa keberadaan smk di kabupaten rembang terbukti telah mampu menghasilkan tamatan yang kompeten dan memilik daya saing.
               Kepala Sekolah SMK N 1 Rembang sekaligus Panitia kegiatan Singgih Darjanto mengatakan berbagai kegiatan diselenggarakan dalam deklarasi tersebut terdiri dari job fair .lomba kompetensi siswa,  penandatanganan MOu dengan industri ,penyerahan  simbolis karyawan diperusahaan.
                        Job fair diikuti 15 stand diantaranya dalam bidang pengolahan ikan, permesinan,konstruksi, garmen, peminatnya semua dari SMK sebab tujuan utama anak-anak masuk ke SMK untuk cepat mendapatkan pekerjaan.
            Singgih menambahkan  sekolah SMK juga bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi selainin itu juga di smk ada pendidikan kewirausahaan sehingga bisa menjadi pengusaha.
            Terpisah Indra Surya, dari Bakorwil I Jawa Tengah mewakili Gubernur jawa tengah  menyatakan deklarasi diharap tidak hanya bersifat seremonial saja, tetapi memberi nyata menjawab permasalahan pembangunan pendidikan dan mengurangi pengangguran di Jawa Tengah.diharapkan kebijakan kabupaten vokasi dapat memberi gerakan bersama, baik kepada jajaran pemerintah, MKKS SMK, dan masyarakat kabupaten Rembang.( Yudha )
Share this post :

Post a Comment