Headlines News :
Home » , , , » Kembangkan kerajinan Tas bahan limbah bungkus Kopi

Kembangkan kerajinan Tas bahan limbah bungkus Kopi

Written By aulia suhaiminur on Monday 18 August 2014 | 03:48

Kerajinan tas dan sabuk dari limbah bungkus kopi saat dipamerkan

Rembang- Berawal dari limbah bungkus kopi yang berserakan diwarung-warung kopi mendorong warga belajar desa Vokasi Sendang mulyo kecamatan Sluke menuangkan ide untuk memanfaatkan bungkus kopi tersebut  dikelola, sehingga menghasilkan kerajinan tas bahan limbah dari bungkus kopi.
            Ketua PKBM Budi Utomo, Sendang Mulyo Kecamatan Sluke Muhammad Sutrisno mengatakan Kerajinan tas dari bahan bungkus kopi ini dibuat oleh 20 warga belajar PKBM Budi Utomo Sendang Mulyo Kecamatan Sluke. 
            Bbahan baku  mengambil dari sekitar warung kopi di dekat PKBM, bila masih belum tercukupi bisa bekerja sama dengan warung kopi yang lain sehingga tidak kesulitan untuk mencarai bahan baku nya. Untuk tahap pemasaran awal baru diperkenalkan dalam ivent-ivent pameran di kabupaten Rembang saja ternyata banyak pengunjung yang tertarik.
            Sutrisno menambahkan, hasil kerajinan limbah bungkus kopi juga dibuat  sabuk dan sudah dipasarkan dikota kudus dengan pengiriman interval 2 minggu 1000 sabuk dengan harga 150 ribu, kerajinan ini dibuat oleh 5 kelompok dan setiap kelompok menghasilkan 250 hingga 300 sabuk.
            Sementara warga Belajar dari dukuh jambu desasendang mulyo Maslikhtun mengatakan, untuk membuat tas dari bahan bungkus kopi setiap tas membutuhkan 20-30 bungkus kopi yang masih baru, Pihaknya  sudah memproduksi tas hampir 100 lebih, dengan harga 1 tas  mencapai 100 sampai -120 ribu rupiah.( Yudha ) 
 
 
Sumber : CBFM
Share this post :

Post a Comment