Headlines News :
Home » , » Tehnologi Mesin Perontok Padi mulai diterapkan petani

Tehnologi Mesin Perontok Padi mulai diterapkan petani

Written By aulia suhaiminur on Monday 11 August 2014 | 22:22


Combine harvister


Pamotan-Tehnologi pertanian kini semakin maju, sudah 2 tahun terakhir ini para petani di wilayah Rembang  menggunakan tehnologi pertanian mesin perontok padi modern. Salah satunya sudah di terapkan di desa Japerejo kecamatan pamotan.
Ketua Gapoktan Manunggal desa Jape Rejo Saeroji mengatakan, mesin perontok padi modern atau yang lebih di kenal di kalangan petani harvister tersebut merupakan satu satunya yang ada di Rembang.
Mesin ini  merupakan bantuan dari dinas pertanian Kabupaten Rembang pada tahun 2011 yang lalu, dan telah di peruntukkan bagi Gapoktan manunggal desa Jape rejo Kecamatan Pamotan. 
Sejauh ini  sudah di pergunakan untuk melayani para petani yang ada di 14 Kecamatan dengan sistim sewa. petani  hanya membayar 300 ribu rupiah per 1 tonnya,
 Untuk mengoperasionalkan mesin ini hanya membutuhkan 2 tenaga kerja dengan membutuhkan waktu sekitar  3 jam setiap satu hektardan  tanaman padi bisa selesai di panen, lebih murah dari pada menggunakan mesin perontok padi biasa yang membutuhkan tenaga 5 sampai dengan 6 orang, Dengan mengunakan Harvister satu hari bisa menyelesaikan 4 hektar lahan padi, sehinga lebih efisien dari segi biaya maupun tenaga. 
         Saeroji menambahkan banyak keuntungan yang bisa di ambil bila petani mengunakan Crown Combine Harvister, hasil  panen bisa langsung di jemur tidak perlu di bersihkan lagi,  karena dalam mesin perontok padi modern atau harvister sudah ada sistim untuk pembuangan berbagai kotoran seperti jerami, bulir padi yang kosong serta kotoran lain karena sudah ada blower tempat pembuangan berbagai kotoran, petani tinggal menjemur hasil panen dengan kwalitas baik. (  Heri )  
 
 
Sumber:CBFM
Share this post :

Post a Comment